6 Tips Dalam Membeli Rumah


1. Lokasi


Lokasi sangatlah penting untuk dijadikan alasan membeli rumah. Dalam menentukan lokasi, pastinya ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan. Antara lain akses transportasi, jarak antara rumah dengan kantor maupun sekolah, fasilitas umum, bebas banjir dan sebagainya.

2. Dana


Uang yang harus dikeluarkan juga harus dipertimbangkan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari yang harus anda keluarkan, agar tidak terjadi "penipisan" pada dompet anda. Diskusikan terlebih dahulu nominal angsuran yang akan berlangsung, normalnya angsuran tidak sampai sepertiga dari penghasilan yang anda punya.

3. Fasilitas


Pastikan anda sudah mendapatkan informasi mengenai fasilitas yang ada pada rumah tersebut. Lebih baik, anda melakukan pemeriksaan dengan datang langsung ke rumah tersebut agar fasilitas yang anda butuhkan terpenuhi dengan baik.

4. Harga Pasar


Harga juga tak kalah penting dengan lokasi. Sebelum anda memilih rumah, ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu bagaimana keadaan harga rumah dipasaran. Anda dapat memeriksanya baik secara langsung maupun online.

5. Legalitas


Legalitas lebih penting dari semua poin yang ada. Bagaimana bisa suatu properti dapat berdiri jika tidak memiliki izin? Pengecekan ini sangatlah penting, agar kita paham apakah status kepemilikan rumah tersebut Sertifikat Hak Milik atau Hak Guna Bangunan untuk Landed.

6. Tanggal Serah Terima Rumah


Pastikan kapan anda dapat menempati rumah yang anda beli tersebut. Apabila adanya keterlambatan atau ketidaksesuaian, apa kebijakan yang berlaku dan kosekuensi apa yang diterima oleh penjual. Tanyakan itu semua agar tidak terjadi kesalahpahaman antara anda dengan penjual.

 

Itulah 6 Tips Dalam Memilih Rumah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.