Cara Cepat Memiliki Rumah Sendiri Sebelum Menikah


 

Maraknya pasangan muda yang merancang keuangan bersama dengan membuka rekening bank sebelum menikah ternyata tanpa disadari akan beresiko memunculkan konflik. Sekalipun memiliki tujuan yang baik, seperti menabung untuk membeli rumah idaman setelah menikah.

Berikut Tips Untuk Memiliki Rumah Dengan Cepat :

  1. Utarakan kondisi keuangan masing-masing

Sebelum menikah, sangat dianjurkan untuk terbuka dalam hal kondisi keuangan masing-masing. Beberapa hal yang harus Anda perhartikan antara lain:

  • Apakah calon pasangan Anda memiliki hutang. Hutang yang harus diwaspadai jika berkaitan dengan pihak perbankan. Hal ini akan mempengaruhi BI Check (pemeriksaan oleh Bank Indonesia) pada saat Anda mengajukan KPR.
  • Apakah masih memiliki tanggungan lain. Maksudnya, pastikan calon pasangan Anda tidak memiliki tanggungan atas keluarganya. Upaya ini akan membantu Anda dalam mengukur kemampuan Anda nanti untuk mempersiapkan KPR Rumah.
  • Setelah Anda dan calon pasangan sudah mengutarakan kondisi masing-masing, silakan menganalisa akankah ada yang mempengaruhi stabilitas keuangan nanti setelah menikah terutama pada saat Anda mencicil KPR rumah.
  1. Hindari pembuatan tabungan bersama sebelum menikah

Apabila sudah menganalisis catatan-catatan resiko yang mungkin terjadi, sebaiknya hindari pembuatan tabungan bersama sebelum menikah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa membuat tabungan dapat menimbulkan konflik, sebaiknya Anda membuka tabungan sendiri. Artinya, baik Anda maupun calon pasangan Anda harus membuat tabungan atas nama sendiri.

Ini dinilai lebih aman. Anda bisa melakukan review berkala setiap bulan. Upaya ini akan memperkecil resiko jika timbul konflik.

  1.  Bagi peran antara calon istri dan suami nantinya dalam hal pelunasan cicilan DP rumah mengacu pada peraturan perbankan.

Salah satunya adalah uang muka minimal untuk miliki rumah adalah 30%, ini bisa Anda siasati dengan kesepakatan membagi ½ tabungan. Artinya, Anda dan calon pasangan Anda bisa mensisihkan sebesar 15% dari pendapatan Anda setiap bulan.

 

4 .Manfaatkan kesempatan

Kalo kamu memang sudah mempunyai tabungan sejak muda, saat melihat peluang tawaran membeli rumah yang pas, kamu bisa mulai mencicilnya. Rumah merupakan salah satu investasi yang lebih baik dibandingkan barang yang lain.

 

Gimana, sob? Meskipun masih muda, tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan masa depan secara detail termasuk membeli rumah. Konsultasikan dengan orangtuamu juga ya, sob. Semoga bermanfaat.