Perbedaan Rumah Cluster, Residence, dan Jenis Lainnya

Penulis : Zubaidah
Tayang sejak : 23 Jan 2023
Bagikan : 672 x

Perbedaan Rumah Cluster, Residence, dan Jenis Lainnya

Perbedaan Rumah Cluster, Residence, dan Jenis Lainnya


JIka Anda sedang  merencanakan memiliki hunian, rumah cluster adalah salah satu jenis perumahan yang bisa Anda pertimbangkan. Yup, berbeda dengan tipe residence ataupun townhouse, perumahan cluster memiliki sejumlah ciri tersendiri, mulai dari model tanpa pagar hingga menggunakan one gate system.

Namun, sebetulnya tahukah Anda apa itu cluster? Lalu, apa bedanya dengan jenis rumah lain? Agar tidak bingung, berikut Propesku ulas secara lengkap mengenai arti cluster perumahan, ciri-ciri, hingga tips memilihnya secara tepat. Check it out!

Apa itu Cluster?

Secara umum, rumah cluster adalah suatu jenis hunian tapak yang dibangun secara berkelompok dalam satu lingkungan. Cluster biasanya memiliki jumlah unit berbeda-beda, mulai dari hanya sepuluh, belasan, atau bahkan hingga puluhan. 

Umumnya, lokasi rumah cluster adalah di pinggiran kota dengan lingkungan yang masih asri, namun tetap memiliki kemudahan akses ke pusat kota. Jika Anda suka tinggal di komplek perumahan namun menginginkan hidup bertetangga, maka unit cluster cocok Anda miliki. 

Apalagi, jika Anda sudah berkeluarga, ibaratnya rumah cluster adalah lingkungan perumahan kampung yang tertata dengan baik. Sehingga, kelebihan perumahana modern sekaligus kehangatan warga sekitar layaknya di pedesaan bisa Anda peroleh semua. 

Ciri-Ciri Rumah Cluster 

Mungkin Anda sering kebingungan membedakan antara perumahan cluster dan jenis hunian lainnya. Pada dasarnya, tipe ini memiliki karatkteristik tersendiri. 
Adapun ciri-ciri rumah cluster adalah sebagai berikut. 

1. Desain Hunian Seragam 




Desain perumahan cluster memang dirancang memiliki bentuk yang serupa, sehingga perbedaannya hanya dapat dilihat melalui nomor hunian masing-masing. Hal ini sebetulnya merupakan suatu kelebihan, lho. 

Sebab, bagi pengembang, bentuk seragam tersebut bisa menghemat ongkos pembangunan dan akhirnya menekan harga jual agar jauh lebih terjangkau. Sedangkan bagi pembeli, desain perumahan cluster ini memberikan kemudahan bila suatu saat hendak menambah, mengubah, atau merenovasi bangunan. 

2. One Gate System 



Ciri-ciri lainnya dari rumah cluster adalah akses keluar masuk hanya ada satu atau biasa dikenal dengan sebutan One Gate System. Tak dapat dipungkiri, tipe perumahan ini biasanya mengutamakan keamanan, sehingga akses tunggal tersebut akan dijaga oleh seseorang petugas. 

Arus keluar masuk yang terpantau semacam ini dinilai mampu menekan kemungkinan adanya gangguan tak diinginkan. 

3. Tanpa Pagar


Ciri-ciri rumah cluster berikunya ialah tidak adanya pagar pembatas antar rumah. Yup, cluster umumnya dibuat tanpa pagar dan berjarak dekat satu sama lain. Kehidupan sosial dengan pergaulan antar masyarakat sekitar pun akan jauh lebih harmonis. hal ini menjadikan para penghuni perumahan cluster adalah warga yanbg ramah, terbuka, dan tentram. 

4. Memiliki Banyak Unit



Perlu Anda ketahui pula, rumah cluster adalah kumpulan hunian dalam satu lingkungan yang terdiri dari banyak unit. Bahkan, jumlah perumahan cluster dapat mencapai puluhan atau hingga ratusan. Oleh karena itu, pembangunannya pun dilakukan secara bertahap. 

Tips Memiliki Rumah Cluster

Jika Anda tertarik tinggal di perumahan cluster, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih salah satunya. Simak tipsnya berikut ini!


1. Ketahui Siapa Pengembangnya



Seperti halnya memilih hunian, Anda harus tahu siapa developer atau penbgembangnya. Cobalah periksa rekam jejak atau riwayat developer tersebut, lalu pastikan ia termasuk sebagai anggota asosiasi pengembangan perumahan. Jangan lupa cek pula badan hukum lembaga berserta orang-orang di dalamnya. 

2. Periksa Legalitas dan Status Tanah 



Tips kedua memilih rumah cluster adalah memeriksa status tanah dan legalitasnya. Psalnya, dalam beberapa kasus, ada pengembang yang belum menyelesaikam urusan jual beli tanah di mana rumah itu dibangun. Di sisi lain, bisa saja sertifikatnya masih sengketa atau bahkan legalitas seperti IMB (Izin Mendirikan Bangunan) ternyata tak diurus. 

3. Perhatikan Tipe dan Lokasi Ruamah 



Tips yang tak kalah penting saat memilih rumah cluster adalah perhatikan tipe, lokasi, maupun desain hunian tersebut. Ingat, lokasi merupakan unsur penting bagi sebuah properti. Sementara, tipe rumah akan sangat berpengaruh dengan kebutuhan hunian Anda. 

MIsalnya saja Anda sudah berkeluarga dan punya anak 3, namun rumah yang disediakan hanya tipe 21, tentu akan sangat sesak. Lalu, desain rumah akan 

mempengaruhi pertimbangan selera ataupun rencana jika Anda ingin merenovasinya di kemudian hari. 

kelebihan Tinggal di Perumahan Cluster

Sebetulnya, Anda tak perlu ragu memilih perumahan cluster, sebab hunian tipe ini menawarkan banyak kelebihan yang cukup memuaskan. Adapun kelebihan-kelebihan tinggal di rumah cluster adalah sebagai berikut. 

1. Fasilitas Lengkap dan Memadai 



Salah satu kelebihan tinggal di rumah cluster adalah mendapatkan fasilitas lengkap dan memadai. Anda akan menemui sejumlah fasilitas umum yang sangat bermabnfaat untuk kegiatan sehari-hari, seperti jogging track, gym, taman bermain, tempat ibadah, kolam renang, serta ruang terbuka hijau. Bahkan, perumahan cluster bisanya juga dilengkapi dengan kamera cctv dan keamanan selama 24 jam, lho. 

2. LIngkungan dan Suasana Sangat Ramah 



Desain perumahan cluster tanpa pagar pada dasarnya memberikan kemudahan kepada pera penghuninya untuk bisa bersosialisasi dengan tetangga sekitar. Sehingga, ketika Anda keluar rumah, Anda bisa langsung melihat aktivitas warga dan menjalin hubungan keakraban tanpa kesulitan. Lingkungan perumahan clusteryang aman juga sangat ramah untuk anak-anak. 

3. Keamanan Sudah Terjamin 



Seperti yang sudah disebutkan, rumah cluster adalah hunian dengan tingkat keamanan tinggi. Bagaimana tidak, perumahan ini diawasi oleh petugas keamanan 24 jam. One gate system juga mendukung keamanan di lingkungan cluster, dimana setiap pengunjung akan didata terlebih dahulu. 

4. Minim Polusi Udara 



Developer cludter umumnya mendesain lingkungan perumah ini memiliki lebih banyak lahan terbuka komunal untuk fasilitas umum seperti kolam renang, taman bermain, dan lain sebagainya. Sedangkan, lahan lainnya digunakan sebagai ruang terbuka hijau yang penuh dedaunan. Sehingga, tak heran jika lingkungan perumahan berkonsep cluster sangat minim polusi udara.  

Perbedaan Perumahan Cluster dan Jenis Lainnya 

Setelah mengetahui apa itu cluster beserta ciri dan kelebihannya di atas, mungkin Anda bertanya-tanya perbedaan hunian ini dengan tipe perumahan lainnya, seperti residence townhouse. Well, rumah cluster adalah hunian yang tentu saja berbeda dari kedua jenis tersebut. Beriku ulasannya.

1. Jumlah Unit 

Perbedaan utama antara perumahan cluster dengan tipe lainnya ialah dari jumlah unitnya. Secara umum, total rumah cluster adalah sekitar 100 sampai 300 unit. Jumalh ini tentu saja jauh lebih banyak dibandingkan residance ataupun townhouse. 

2. konsep

Cluster umumnya mempunyai desain yang cenderung lebih simple bila di bandingkan perumahan townhouse. Tak dapat dipungkiri, townhouse memang di rancang sebagai unit mewah, elegan, dan eksklusif khusus untuk memenuhi kebutuhan hunian para ekspatriat.

Bahkan, rumah di townhouse biasanya memiliki tiga sampai empat lantai serta terdapat lift pribadi di dalamnya. Berbeda dengan cluster yang umumnya memiliki dua lantai saja.

3.Fasilitas

Perbedaan perumahan lain dengan cluster adalah fasilitasnya. Ya, meskipun cluster memiliki berbagai fasilitas, namun townhouse nyatanya menawarkan sarana yang jauh lebih lengkap dan premium. Adapun fasilitas tersebut mulai dari lapangan tenis, danau buatan, multi-function room, club house, dan masih banyak lagi.

4.Lokasi

Umumnya,letak rumah cluster adalah di area khusus pemukiman atau perkotaan yang ramai. Berbeda dengan residence, jenis perumahan ini biasanya terletak di kawasan sub-urban, yakni daerah pinggiran kota dengan lingkungan asri dan tentunya bebas polusi.

5.Harga

perbedaan yang paling utama daru perumahan lain dengan cluster adalah harganya. Bila dibandingkan dengan residence, cluster jauh lebih premium dan modern sehingga harganya pun terggolong cukup tinggi, yakni di bawah Rp1 miliar. Sementara, mengingat townhouse merupakan unit eksklusif, maka tak heran jika harga setiap huniannya paling murah mencapai hingga Rp5 miliar.

itu dia pembahasan mengenai arti cluster perumahan, ciri, tips memilih, hingga perbedaannya dengan tipe hunian lain. Dari kelebihaan-kelebihan yang telah disebutkan,maka Anda bisa membayangkan bagaimana tinggal di perumahan ini. Jangan sampai Anda salah dan kecewa membelinya hanya karena tak memahami konsep cluster.

------------------------

https://prospeku.com/

Rekomendasi Artikel Pilihan