Ketahui Biaya IPL Apartemen Beserta Cara Menghitungnya

Penulis : Zubaidah
Tayang sejak : 24 Jan 2023
Bagikan : 413 x

Ketahui Biaya IPL Apartemen Beserta Cara Menghitungnya

Ketahui Biaya IPL Apartemen Beserta Cara Menghitungnya



JIka Anda memutuskan membeli apartemen dan tinggal di sana, maka biaya yang perlu dipikirkan tidak hanya berapa harga per unitnya. Di luar itu, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain, salah satunya biaya IPL apartemen. IPL apartemen adalah singkatan dari luran Pengelolaan apartemen. 

IPL apartemen dalah iuran yang dibebankan kepada setiap penghuni unit untuk mrmrnuhi biaya perawatan serta gaji para pengelola gfedung. Tiap-tiap apartemen memiliki kisaran biaya IPL yang berbeda. Yuk simak lebih lanjut penjelasannya berikut ini. 

Apa itu IPL Apartemen?

IPL apartemen adalah biaya yang wajib dibayarkan oleh para penghuni unit untuk pembiayaan gaji pengelola dan perawatan lingkungan apartemen. IPL bukan termasuk biaya angsuran, melainkan meliputi, ansuransi, kenersihan, gaji karyawan, keamanan dan sejenisnya. 

IPL apartemen adalah biaya yang muncu karena setiap lingkungan apartemen dikelola secara profesional oleh para petugas. Mulai dari kebersihannya, fasilitas bersama, ketertiban umum menggunakan alat-alat vital.

Meski menjadi biaya pasti di setiap apartemen, namun biaya IPL apartemen berbeda-beda, tergantung dari luas unit hunian Anda. Sehingga semakin luas unit Anda, maka kemungkinan akan semakin tinggi biaya IPL yang dibebankan. Biasanya mulai dari Rp10 ribu - Rp50 ribu per meter persegi. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar tingginya taris IPL pada apartemen, diantaranya seperti parkir tertutup, fasilitas clubhouse, garasi bawah tanah keamanan yang ketat dan beberapa fasilitas premium lainnya.  Semakin lengkap, maka jangan heran bila tarifnya lebih besar. 

Biaya IPL apartemen atau yang dikenal juga dengan sebutan maintenance fee biasanya meliputi: 

  1. Sinking fund, yaitu dana cadangan yang diperoleh dari tiap unit, digunakan untuk perbaikan darurat bersifat vial. 
  2. Utilias, yaitu termasuk biaya listrik, gas dan air bersih, juga biaya keamanan, eskalator/lift, perawatan mesin dan sebagainya. 
  3. Service charge, yaitu biaya pelayanan termasuk gaji pegawai, operasional, perizinan, perlengkapan serta administrasi.

Dasar Hukum Pemungutan IPL Apartemen

IPL apartemen adalah iuran yang telah secara resmi diatur dalam Undang-Undang no.20 Tahun 2011 terkait Rumah Susun dan Peraturan Pemerintah no.. 4 Tahun 1988 terkait Rumah Susun. Lebih spesifik lagi dibahas dalam UU Rumah Susun Pasal 57 Ayat 1 yang menjelaskan tentang hak pengelola dalam memungut iuran pengelolaan. 

Dalam Undang-Undang tersebut, diterangkan bahwa pembiayaan terhadap pengelolaan barang, bagian serta tanah bersama dibebankan kepada setiap penghuni atau pemilik unit apartemen. 

Dasar dari penentuan besarnya iuran ini dilihat dari seluruh total biaya operasional dan perawatan barang, area, hingga fasilitas bersama setiao bulannya, dibagi dengan totall luas seluruh unit. Kemudian setiap unit akan dikenakan biaya IPL apartemen sesuai denagn luas unitnya. 


Cara Menghitung IPL Apartemen 

Besaran tarif biaya IPL seringkali menjdi akar permasalahan antara warga unit atau P3SRS (PErhimpunan Pemilik dan Penghuni Rumah Susun) dengan pihak pengelola apartemen. Sebagian besar penghuni tentu menginginkan tarif rendah, padahal penentuan taridf ini disari oleh beberapa faktor. 

Hal utama yang harus dilakukan pengelola sebelum menetapkan IPL apartemen adalah mengetahui rencana pengeluaran selqama satu tahun kedepan. Selain itu, perlu diketahui para penghuni, dengan pembagian luas unit. 

Agar lebih mudah, perhatikan cara menghitung IPL apartemen pada rumus berikut ini beserta contohnya. 

satu unit Apartemen menara Anyelir memiliki luas sebesar 20 m3eter persegi. IPL yang dibebankan kepada penghuninya adalah Rp15 ribu per meter persegi. Dengan perhitungan IPL, makabesarnya biaya IPL apartemen adalah sebagai berikut.  

Biaya IPL = IPL apartemen x luas unit

= Rp15 ribu x 20 

= Rp300 ribu 

Sehingga, dari perhitungan tersebut diketahui bahwa satu unit Apartemen Bungan Anyelir dengan luas 20 meter persegi akan dikenai biaya IPL sebesar Rp300 ribu. 

Sebenarya, besarnya tarif IPL apartemen adalah hal yang telah tercantum dalam PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) yang wajib dibayarkan oleh penghuni, meskipun apartemen tidak sedang ditempati. 

Apabila dirasa tarif IPL terlalu tinggi, m,aka para penghun i memiliki hak untuk mempertanyakannya dalam forum tertinggi, yaitu Rapat Umum Tahunan. Dalam forum tersebut, Anda bisa menanyakan dasar dari penentuan IPL secara terperinci. Sehingga, para penghuni pun juga harus mempertimbangkan kebutuhan yang diperlukan pihak pengelola demi kenyamanan mereka. 

Itu dia penjelasan mengenai apa itu IPL apartemen. Selain IPL, masih ada beberapa biaya lain yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Karena itu, sebelum membeli apartemen, perhatikan setiap detail peraturannya. 

---------------------------------------

https://prospeku.com/

Rekomendasi Artikel Pilihan